Blogger templates

MENYIKAPI TRAGEDI PENGANIAYAAN SYI’AH IRAQ TERHADAP AHLUS SUNNAH SECARA SYAR’I


MENYIKAPI TRAGEDI PENGANIAYAAN SYI’AH IRAQ TERHADAP AHLUS SUNNAH SECARA SYAR’I[1]
Oleh: Asy Syaikh Dr. Abdul Aziz ar Rayyis



            Sesungguhnya kita telah  mengetahui di Iraq penganiayaan syi’ah kepada saudara kita Ahlus sunnah, sebelum membahas masalah ini secara syar’I Aku akan memberi muqaddimah atas kajian  ini :
1.      Jihad adalah tujuan syar’I baik jihad daf’I atau thalb
2.      Bahwasanya jihad di syariatkan kuat nya iman seseorang dan berkonsisten dalam agamanya karena ini merupakan sebab datangnya pertolongan Allah, Allah berfirman:
إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ
jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS. Muhammad : 07)
لَقَدْ نَصَرَكُمُ ٱللَّهُ فِى مَوَاطِنَ كَثِيرَةٍۢ ۙ وَيَوْمَ حُنَيْنٍ ۙ إِذْ أَعْجَبَتْكُمْ كَثْرَتُكُمْ فَلَمْ تُغْنِ عَنكُمْ شَيْـًۭٔا وَضَاقَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْأَرْضُ بِمَا رَحُبَتْ ثُمَّ وَلَّيْتُم مُّدْبِرِينَ
Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu di waktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlahmu, maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikit pun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari ke belakang dengan bercerai-berai. (QS. At Taubah : 25)

3.      Hendaknya seorang muslim ingin jihad memiliki kekuatan dan kemampuan karena pada saat Rasulullah di Makkah tidak menyuruh para shahabatnya berjihad.

4.      Wajib mengambil ibrah atas yang menimpa saudara kita Allah berfirman :
فسيروا

Untuk mengambil ibrah kejadian yang telah lalu misalnya : apa yang menimpa saudara kita di Syiria, Syisyan dan Afghanistan.
Setelah muqaddimah yang ringkas tersebut mari kita  penganiayaan kaji di Iraq secara syar’i.
1.      bahwa kenyataan di Iraq sekarang merupakan jihad agama, akan tetapi Pada mereka ada Sufiyyah , Takfiriyyah dan Ahlus sunnah .
2.      Jihad harus memperhatikan kekuatan dan kemampuan adapun daulah di Iraq di kuasai oleh syi’ah , oleh karena itu Ahlus sunnah disana sangat lemah sekali. Karena kekuatan dalam jihad adalah syarat syar’I , tidak seperti yang di lakukan takfiriyyah yang meninggalkan syarat ini . diantara dalilnya yaitu Pada saat menjelang kiamat kelak Allah menyuruh Isa ‘Alaihissalam hijrah ke thur ketika munculnya Ya’juj dan Ma’juj dan tidak menyuruh membunuh mereka, karena memandang lemahnya kemampuan kaum muslimin . Sebagian manusia memandang bahwa Ahlus sunnah di Iraq tidaklah lemah karena itu wajib bagi seluruh kaum muslimin di negara lain menolong saudara kita di Iraq maka kita katakan , ini tidak lah benar baik secara akal atau syar’I , muslimin di negara lain menginginkan menolong kesana , tapi tidak mampu karena kuffar menghalangi mereka dan ini sebabnya karena dosa yang telah kita perbuat .
3.      Aku melihat apa yang dilakukan ISIS (Daulah Islam Iraq wasy Syam) dalam jihad mereka  membunuhtidak pandang anak – anak , wanita dan orangtua oleh sebab itu orang kuffar justru makin kasar terhadap kaum muslimin , lihatlah apa yang telah terjadi di Syiria.

Ringkasnya bahwa Ahlus Sunnah harus bersabar sampai datang ketetapan dari Allah ta’ala. Aku memohon ampun kepada Allah agar mengumpulkan kita di atas kebenaran.


[1] Diringkas dan diterjemahkan oleh Mujahid as Salafiy dari Muhadlarah beliau yang berjudul “Jarahatul Iraq”