Blogger templates

HUKUM MANDI JANABAH DI AWAL MALAM

DIRASAH  AL HADITSIYYAH
HUKUM MANDI JANABAH DI AWAL MALAM
Oleh: al Muhaddits Muhammad bin Syaikh al ‘Alamah ‘Ali bin Adam[1]
(pengajar di Darul Hadits Khairiyyah Makkah al Mukarramah)

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ هِشَامٍ قَالَ حَدَّثَنَا مَخْلَدٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ أَبِي الْعَلَاءِ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ نُسَيٍّ عَنْ غُضَيْفِ بْنِ الْحَارِثِ
أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَيُّ اللَّيْلِ كَانَ يَغْتَسِلُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ رُبَّمَا اغْتَسَلَ أَوَّلَ اللَّيْلِ وَرُبَّمَا اغْتَسَلَ آخِرَهُ قُلْتُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ فِي الْأَمْرِ سَعَةً
Artinya:
“telah mengabarkan kepada kami Amr bin Hisyam, telah menceritakan kepada kami Makhlad, dari Sufyan dari Abul ‘Ala’ dari ‘Ubadah bin Nusai dari Ghudlaif bin Harits bahwasanya dia bertanya kepada ‘Aisyah –radliyallahu ‘anha- kapankah Rasulullah mandi janabah di malam hari? Beliau menjawab: kadang Rassulullah mandi di awal malam, terkadang pula di akhir malam. Aku (Ghudlaif) katakan: segala puji bagi Allah yang telah menjadikan perkara ini longgar”


RIJAL SANAD HADITS:
            Rijal Sanad hadits ini ada tujuh:
1.      Amr bin Hisyam bin Yazid al Jaziriy, dengan kunyah Abu Umayyah al harraniy. Beliau adalah perawi yang tsiqah, meriwayatkan hadits dari kakek beliau dari jalur ibunya, meriwayatkan pula dari muhammad bin Salamah al Harraniy, sulaiman bin Abi Karimah, Sufyan Ibnu ‘Uyainah, Abu Bakr bin ayyas, Makhlad bin Yazid dan selain dari mereka.
Diantara ulama’ yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah: imam Nasa’I, muhammad bin Auf ath Thai, Ahmad bin ‘Ali al Abbar dan selain mereka.
2.      Makhlad bin Yazid al Qurasyi al Harraniy dengan kunyah abu Yahya. Beliau adalah termasuk kibarut Tabi’in, meriwayatkan hadits dari Yahya bin Sa’id al Anshariy, imam Al ‘auza’I, Ibnu Juraij, Yunus bin Abu Ishaq, Hanzhalah bon Sufyan dan selain mereka.
Diantara ulama’ yang meriwayatkan dari beliau adalah: imam Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin Rahawaih, Ibnu Abi syaibah dan selain mereka.
3.      Sufyan bin Sa’id ats Tsauri, beliau adalah Imamul Hujjah.
4.      Abul ‘Ala’ Burd bin Sanan asy Syamiy ad Dimasyqi mantan budak Quraisy, beliau tinggal di Bashrah dan termasuk perawi yang Shuduq. Meriwayatkan dari ‘Atha’ bin Abi Rabah, Az Zuhri, Nafi’ dan selain mereka.
Diantara Ulama’ yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah: Ibnu ‘Aliyyah, Sufyan ats Tsauri, Sufyan Ibnu ‘Uyainah, al Auza’I, ‘Ala’ putra beliau dan selain mereka.
5.      ‘Ubadah bin Nusai al Kindiy, kunyah beliau Abu Amr asy Syamiy al Urduniy beliau adalah qhadi lagi tsiqah. Meriwayatkan hadits dari Aus bin Aus ats Tsaqafi, Syaddad bin Aus, ‘Ubadah bin Shamit, Abu Darda’ dan selain mereka.
Diantara Ulama’ yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah: Burd bin Sanan, al Mughirah bin Ziyad al Maushuliy, Abdur Rahman bin Ziyad bin Un’um, Ayyub bin Qaththan, Hatim bin Nashr, Hasan bin Dzakwan dan selain mereka.
6.      Ghudlaif bin al Harits bin Zunaim al Kindiy. Berkata Abu Zur’ah: beliau adalah sahabat Nabi –shalallahu ‘alaihi wa sallam-. Meriwayatkan hadits dari Bilal bin Rabah, Umar bin Khaththab, Abu ‘Ubaidah bin Jarrah, Abu Dzar, Abu Darda’, dan ‘Aisyah –radliyallahu ‘anhum-.
Diantara Ulama’ yang meriwayatkan hadits dari beliau adalah: ‘Iyadh bin Ghudlaif putra beliau, ‘Ubadah bin Nusai, salim bin ‘Amir dan selain mereka.
7.      ‘Aisyah –Radliyallahu ‘anha- istri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam. Wallahu a’lam

MAS’IL YANG BERHUBUNGAN DENGAN HADITS
1.      Derajat hadits: hadits ‘Aisyah ini adalah shahih
2.      Peletakkan penyusunan hadits: diriwayatkan Imam Nasa’I 141/222, dalam sunan Kubra 131/227.
3.      orang yang mengeluarkan hadits bersama beliau: Abu Daud dalam kitab Thaharah dari Musaddad, dari Mu’tamar, dari Imam Ahmad bin Hanbal, dari Isma’il bin ‘Aliyah keduanya dari Abul ‘Ala’ Burd bin Sanan dari ‘Ubadah bin Nusai dari Ghudlaif bin Harits. Daruquthniy dalam kitab Shalat dari Abu Bakr bin Abi Syaibah dari Ibnu ‘Aliyyah dan diriwayatkan pula oleh al Hakim dan al Baihaqi. Wallahu a’lam
4.      Faidah – Faidah Hadits:
-          Bahwa para Salaf senantiasa mengikuti Nabi Muhammad dalam perbuatan, perkataan, ahwal beliau. Dan hendaknya seorang muslim juga senantiassa melakukan hal tersebut, Allah berfirman:
وَٱتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ
dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk. (QS. Al A’raf: 158)
sekalipun mencontoh beliau dalam hal mandi janabah, yang demikian itu untuk menghilangkan kesukaran dalam agama ini, sebagaimana Allah berfirman:
وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى ٱلدِّينِ مِنْ حَرَجٍۢ ۚ
dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (QS. Al Hajj: 78)
-          Bolehnya mandi janabat di awal malam atau akhir malam dengan adanya suatu sebab. Wallahu a’lam bish Shawab





[1] Dinukil secara bebas dari kitab beliau yang berjudul ‘Syarah Sunan Nasa’I, Dakhirah al Uqba bi syarhil Mujtaba 4/221-227